Langsung ke konten utama

Sulawesi Utara

Hasil gambar untuk sulawesi utara dalam peta



Hasil gambar untuk lambang sulawesi utara


Sulawesi Utara

1.Gambaran Umum

sulawesi utara (disingkat Sulut) adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan ibu kota terletak di kota Manado. Sulawesi Utara berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudera Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan provinsi Davao del Sur (Filipina) di sebelah utara. 

 Manado merupakan sebuah Kota yang terletak di bagian utara Sulawesi, Kota ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dan tempat keren yang ada di Manado tersebut. Manado mempunyai banyak Spot objek wisata yang keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto – foto kekinian, tempat kuliner favorit, Pantai, Pulau, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata yang harus segera kalian jelajahi.


Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Manado, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda kunjungi. Selama ini, di Manado jarang terdengar tempat yang keren untuk berlibur. Namun ternyata Manado ini memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren dan tak kalah bagus dengan wisata di Papua, Maluku, Jogja, Bandung, ataupun Wisata Alam Lainnya.


     



2.Potensi Wisata

1.Alam
・pulau bunaken
Hasil gambar untuk pulau bunaken

Pulau Bunaken, wisata yang wajib Anda kunjungi ketika singgah ke Sulawesi Utara. Kurang rasanya jika Anda sudah berada di Manado Sulawesi Utara, namun Anda tidak mengunjungi pulai bunaken ini. Pulai ini memiliki luas sekitar 8,08 km2 dan berada di teluk Manado. Keindahan bawah laut Pulau Bunaken tidak perlu Anda raguka lagi. Banyak pengunjung manca Negara, terpesona akan keindahan taman laut Bunaken.

Anda memerlukan waktu sekitar 30 menit menggunakan speed boat untuk menuju ke Pulau Bunaken, dari Manado. Pulau Bunaken terkenal akan keindahan taman lautnya. Taman laut yang dimiliki Pulau Bunaken memiliki kurang lebih 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang berdeba-beda sekitar 1.344 meter. Dari 20 titik penyelaman, terdapat 12 titik diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken.

・Gunung api mahangetang
Hasil gambar untuk gunung api mahangetang
Gunung Api Mahangetang adalah gunung api aktif yang terdapat di perairan dangkal. Gunung api ini berada di perairan Mahangetang yang terletak di Kecamatan Tatoareng, Kabupaten Sangihe. Jika Anda ingin melihat gunung ini, Anda diharuskan untuk menyelam. Masyarakat sering kali menyebut tempat ini dengan sebutan “Banua Wuhu”.

Terbilang masih aktif, gas yang keluar dari perut Gunung Mahangetang ini berwujud gelembung udara yang bisa Anda temui di beberapa titik. Jika Anda menyelam di kedalaman, Anda dapat merasakan hangatnya suhu air laut. Berenang dengan kedalaman sekitar 10 hingga 20 meter di bawah permukaan laut, Anda dapat terkesima dengan eksotisme laut yang sangat menakjubkan. Jadi, apakah Anda tertarik dengan Gunung Api Mahangetang ini? Yuk langsung sempatkan diri Anda untuk berlibur di Sulawesi Utara.

・Taman Nasional Tangkoko

 Hasil gambar untuk taman nasional tangkoko
Taman Nasional Tangkoko termasuk kawasan konseravi yang menjadi habitat dari beberapa satwa khas provinsi Sulawesi Utara. Satwa-satwa yang berada di taman ini jarang sekali dapat Anda temui di tempat lain. Taman ini berada di daerah Batu Putih Bitung Utara, Sulawesi Utara. Jarak untuk menuju lokasi ini sekitar 60 km dari Manado atau sekitar 20 km dari kota Bitung.
Jika Anda berniat untuk mengunjungi tempat ini. Pertama, baiknya Anda menyiapkan bekal makan dan minuman. Kedua, ada baiknya Anda tidak menggunakan celana jeans mengingat Anda akan berjalan mengelilingi kawasan hutan. Gunakan pakaian yang dapat membuat Anda nyaman. Bagi Anda yang ingin lama-lama untuk menikmati keindahan alam di Taman Nasional Tangkoko ini, terdapat beberapa penginapan dengan harga cukup bervariatif.
2.Budaya
・Rumah Walewangko
Rumah pewaris atau walewangko merupakan rumah di atas tiang dan balok-balok yang mendukung lantai; dua di antaranya tidak boleh disambung. Kolong digunakan untuk menyimpan hasil bumi (godong). Pintu rumah terletak di depan, tetapi tangga naik terdapat di kiri dan kanan serta bagian tengah belakang rumah. Ruang paling depan, disebut lesar, tak berdinding, tempat kepala suku atau kepala adat memberikan maklumat kepada rakyat. Ruang kedua, sekey, merupakan serambi depan, berdinding, terletak setelah pintu masuk, berfungsi untuk menerima tamu dan menyelenggarkan upacara adat, serta tempat menjamu makan para undangan. Ruang tengah, disebut pores, tempat untuk menerima tamu yang masih ada ikatan keluarga serta tempat menerima tamu wanita. Di ruang tengah ini terdapat kamar-kamar tidur. Ruang makan keluarga serta tempat kegiatan sehari-hari wanita berada di bagian belakang, bersambung dengan dapur. 
Tari Lennso Minahasa
Hasil gambar untuk tari lenso minahasa
Tari Lenso adalah tarian muda-mudi dari daerah Maluku dan Minahasa ,Sulawesi Utara. Tarian ini biasanya di bawakan secara ramai-ramai bila ada Pesta. Baik Pesta Pernikahan, Panen CengkihTahun Baru dan kegiatan lainnya. Beberapa sumber menyebutkan, tari lenso berasal dari tanah Maluku. Sedangkan sumber lain menyebut tari ini berasal dari Minahasa.
Tarian ini juga sekaligus ajang Pencarian jodoh bagi mereka yang masih bujang, di mana ketika lenso atau selendang diterima merupakan tanda cinta diterima. Lenso artinya Saputangan. Istilah Lenso, hanya dipakai oleh masyarakat di daerah Sulawesi Utara dan daerah lain di Indonesia Timur.
Dalam tarian ini, yang menjadi perantara adalah lenso atau selendangSelendang inilah yang menjadi isyarat: selendang dibuang berarti lamaran ditolak, sedangkan selendang diterima berarti persetujuan

3.Buatan
CitraLand WaterPark Manado
Jembatan Soekarno

Kampung Cina




3.・Something To Do

  1. Berenang di pantai
  2. Mendaki gunung
・someting to see
  1. penduduknya
  2. keindahan alamnya
・someting to buy

  1. membeli makanan
  2. membeli souvenir

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tentang diriku

kenalan kuy nama aku siti fatimah nurhalizah sekolah di smk 3 bandung  kalau mau kenal aku lebih jauh bisa mutualan di twitter:@sitifatimahnhlz hobi aku?baca buku sama dengerin musik my favorite music is kpop music:)))))))) iya aku kpopers wkwkwkwk.kalau kalian liat twitte aku pasti isisnya kpop semua ehehehehe buat yang suka kpop juga kita samaan ehehehe. makasih ya udah baca blog yang gaje ini kalau mau follow follow-an ig juga boleh @sitif3301 terimakasih💓    

MENJAGA SEMANGAT IBADAH PASCA RAMADHAN

  Ramaḍān ‎. Pada bulan ini, umat Muslim di seluruh dunia melakukan ibadah puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim.Puasa Ramadhan  merupakan salah satu dari rukun islam. Kata Ramadan berasal dari akar kata bahasa Arab  ramiḍa  atau  ar-ramaḍ,  yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Menurut syariat islam, puasa Ramadhan hukumnya fardhu (diwajibkan) untuk Muslim dewasa, kecuali ia mengalami halangan untuk melakukannya seperti sakit, dalam perjalanan, sudah tua, hamil, menyusui, diabetes, atau sedang mengalami menstruasi Selama berpuasa dari pagi hingga petang. Pendekatan spiritual (taubat) ketika bulan Ramadan ramai dilakukan. Berpuasa bagi Muslim saat Ramadan biasanya diikuti dengan memperbanyak salat dan membaca Al-Quran. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam senantiasa menjaga konsistensi ibadah beliau. Ibadah yang disyariatkannya selalu rutin dikerjakan. Aisyah radhiyallahu ‘anha menjelaskan bahwa Rasulullah